Sarjana Keperawatan

Selayang Pandang Program Studi Keperawatan

Sejarah berdirinya Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga diawali dengan dibukanya Program Studi Diploma IV Perawat Pendidik pada bulan November 1997 yang berada dibawah  Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Landasan pendirian Program Studi tersebut didasarkan pada tuntutan kebutuhan akan peningkatan layanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia pada saat itu.

Pendirian Program Studi Keperawatan merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain. Sebelum pendirian PSIK atas inisiasi dari Consorcium Health Science (CHS) tokoh-tokoh keperawatan Jawa Timur membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Keperawatan pada Bulan Desember 1997 dan selanjutnya  mengadakan lokakarya secara intensif sejak tahun 1998. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan dari Dirjen Dikti No : 122/Dikti/Kep/1999, tanggal 7 April 1999 untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan. Pada tanggal 20 Juni 2008 berdasarkan SK Rektor nomor 5404/J03/OT/2008 ditetapkan bahwa PSIK FK Unair berubah status menjadi Fakultas Keperawatan.

Nama  Program Studi  Ilmu Keperawatan  (PSIK) mengalami perubahan menjadi  Program Studi Pendidikan Ners berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 9626/UN3/KR/2013 pada tanggal  28 Juni 2014 dan pada tahun 2018 dengan keputusan Rektor No 898/UN3/2018 tentang Penataan Penamaan Program Studi di Lingkungan Universitas Airlangga berubah nama menjadi Program Studi Keperawatan dengan jenjang sarjana, serta Program Studi Pendidikan Profesi Ners untuk jenjang profesi.

Kurikulum yang digunakan untuk PS Keperawatan adalah kurikulum yang telah disepati oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan dikembangkan sesuai kebijakan Universitas Airlangga, kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), masa studi untuk tahap akademik 4 tahun dan masa studi untuk tahap profesi 1 tahun beban studi 146 sks untuk tahap akademik dan 36 sks untuk tahap profesi. Metode pembelajaan yang digunakan diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran. Gelar lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan gelar lulusan tahap profesi adalah Ners (Ns).

Kegiatan capaian pembelajaran dilakukan di Kampus dan di wahana pembelajaran klinik  dan Komunitas. Rumah Sakit yang digunakan untuk memenuhi capaian pembelajaran antara lain RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, RS Jiwa Menur Surabaya, RS Haji Surabaya. Wahana Pembelajaran Komunias yang digunakan antara lain UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Capaian peringkat  akreditasi Program Studi Sarjana Keperawatan mendapatkan peringkat Unggul pada tahun 2025 dari Lembaga Akreditasi Nasional LAM-PTKes berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0323/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2025, pada tahun 2018 telah tersertifikasi ASEAN University Network (AUN), dan tahun 2021  telah terakreditasi Internasional ke lembaga Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Program Studi S1 Keperawatan berdasarkan SK. LAM-PTKes 0323/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2025 mendapatkan Akreditasi Peringkat (Unggul), Download SK Akreditasi.

  • PROFIL PROGRAM STUDI

Program Sarjana Keperawatan adalah program pendidikan yang mencetak perawat profesional, terdiri dari 4 tahun pendidikan akademik dan harus dilanjutkan dengan 1 tahun pendidikan profesi Ners.

  • PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Sarjana Keperawatan meliputi:

  1. Care Provider (Pemberi asuhan keperawatan)

Merencanakan dan Memberikan Asuhan Keperawatan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga , dan komunitas, untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif dan berbasis bukti;

  1. Communicator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan)

Mendemonstrasikan komunikasi efektif pada sistem klien dan kolaborasi tim Kesehatan

  1. Health Educator dan Promoter (Pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat)

Melakukan edukasi dan promosi pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam merawat dirinya.

  1. Manager dan Leader (Manajemen praktik/ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat)

Menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim Kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien.

  1. Researcher

Menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam menyelesaikan masalah keperawatan

  •  VISI DAN MISI

A. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Pendidikan Sarjana Keperawatan yang mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor dalam pengembangan ilmu pengetahuan tekhnologi dan praktik dalam caring keperawatan dengan keunggulan keperawatan gawat darurat dan bencana di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai etik dan moral agama.

B. Misi Program Studi

Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam lingkup nasional dan internasional berlandaskan nilai kebangsaan, etik, dan moral agama, dengan:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan pada jenjang akademik sesuai perkembangan IPTEK
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik dan komunitas yang inovatif berbasis bukti untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian dalam bidang ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan kepada masyarakat
  • TUJUAN PROGRAM STUDI
  • AKREDITASI
  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kepakaran dalam keperawatan gawat darurat dan bencana yang mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja sendiri menjadi perawat profesional 
  2. Menghasilkan penelitian inovatif dalam bidang keperawatan untuk menyelesaikan masalah keperawatan gawat darurat dan bencana yang dapat mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan dalam lingkup nasional dan internasional
  3. Menghasilkan dan menerapkan pengabdian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian keperawatan untuk menyelesaikan masalah keperawatan gawat darurat dan bencana
  4. Meluaskan jejaring kerjasama baik nasional maupun international untuk meningkatkan pelaksanaan tri dharma PT

Nasional LAM-PTKes: Terakreditasi Unggul

Internasional : AUN. ASIIN

  • KURIKULUM

Kurikulum dirancang berdasarkan kesesuaian dengan hasil belajar (LO) yang diharapkan oleh setiap program studi. Program studi LO juga mengacu pada target pencapaian pembelajaran sesuai jenjang pendidikan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Struktur kurikulum dan komposisi mata kuliah telah disusun sesuai dengan visi dan misi Unair dan kebutuhan stakeholder. Metode pembelajaran di setiap mata kuliah menggunakan pendekatan student center learning. Hal ini mendorong mahasiswa untuk secara mandiri mengelola kemajuan belajarnya. Proses redesain kurikulum mengacu pada tentang Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga dan SOP-UNAIR-IPP-03 tentang Pengembangan Kurikulum. Proses penyusunan dan redesain kurikulum melibatkan Pengguna lulusan, Alumni, Mahasiswa, Pimpinan Fakultas, Badan Pertimbangan Fakultas (BPF), Koordinator Program Studi, Tim Pengembangan Kurikulum, tim kurikulum universitas, Direktorat Inovasi Dan Pengembangan Pendidikan (DIPP), Badan Penjaminan Mutu (BPM), dan Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS) Unair.

  • DAFTAR MATA KULIAH
MATA KULIAH Beban Belajar (sks)  
 
Semeseter 1    
Agama 1 2  
Kewarganegaraan 2  
Data dan Pustaka 2  
Bahasa Indonesia 2  
Komunikasi Kesehatan dan Layanan kesehatan 2  
Etika dan Hukum Kesehatan 2  
Pancasila 2  
Komunikasi dan Pengembangan Diri 2  
Pengantar Kolaborasi Keilmuan 2  
Logika dan Pemikiran Kritis 2  
Semester 2    
Farmakologi Keperawatan 2  
Komunikasi Terapeutik Keperawatan 2  
Praktikum Komunikasi Terapeutik Keperawatan 1  
Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis 3  
Konsep Dasar Keperawatan 3  
Ilmu Biomedik Dasar 2  
Praktikum Farmakologi dan Ilmu Biomedik Dasar 2  
Falsafah dan Teori Keperawatan 3  
Sosial Budaya dalam Keperawatan 2  
Semester 3    
Keperawatan Klien Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori, Hematologi 3  
Pendidikan dan Promosi Kesehatan 2  
Bahasa Inggris dalam Keperawatan 2  
Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia 3  
keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan 2  
Keterampilan Dasar Keperawatan 1  
Ilmu Dasar Keperawatan 2  
Praktikum Keperawatan Ilmu Dasar Keperawatan dan Keterampilan Dasar Keperawatan 3  
Praktikum Pendidikan Promosi Kesehatan dan Pemenuhan Kebutuhan Dasar 2  
Biostatistik 2  
Semester 4    
Keperawatan Klien Dewasa Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan, dan Imunologi 3  
Keperawatan Maternitas 2  
Praktikum Keperawatan Maternitas dan Anak 3  
Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut 2  
Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial 2  
Konsep Keperawatan Komunitas 2  
Metoodologi Penelitian 2  
Agama 2 2  
Kewirausahaan 2  
Praktikum KKD Sistem: Kardio, Pernafasan, Hematologi, Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi 2  
Semester 5    
Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen Persepsi Sensori dan Persarafan 3  
Praktikum Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen Persepsi Sensori dan Persarafan 1  
Keperawatan Anak pada Kasus Kronis dan Kegawatdaruratan 3  
Keperawatan Kesehatan Reproduksi 1  
Praktikum Keperawatan Kesehatan Reproduksi 1  
Keperawatan Psikiatri 2  
Keperawatam Agregat Komunitas 2  
Praktikum Keperawatan Agregat Komunitas 1  
Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif 1  
Praktikum Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif 1  
Praktikum Keperawatan Jiwa dan Psikiatri 2  
Sistem Informasi Keperawatan 1  
Praktikum Sistem Informasi Keperawatan 1  
Semester 6    
Keperawatan Gerontik 3  
Keperawatan Keluarga 3  
Keperawatan Gawat Darurat 3  
Keperawatan Kritis 2  
Praktikum Keperawatan Gawat Darurat & Kritis 3  
Praktikum Keperawatan Keluarga dan Gerontik 2  
Manajemen Keperawatan 4  
Semester 7    
Keperawatan Bencana 3  
Praktik Klinik Keperawatan 5  
Keperawatan Komplementer Alternatif 2  
Praktikum Keperawatan Bencana 2  
Elektif MBKM 2  
KKN BBM 5  
Proposal Skripsi 2  
Semester 8    
Skripsi 4  
TOTAL 150  

The academic stage curriculum structure for the regular program

Semester I        : 20 sks

Semester II       : 20 sks

Semester III      : 23 sks

Semester IV      : 22 sks

Semester V       ; 21 sks

Semester VI      : 20 sks

Semester VII     : 20 sks

Semester VIII    : 4 sks

Lama studi

4 years (Bachelor Program)

1 years (Professional Program)

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU

a. Persyaratan Umum

Dinyatakan lulus SMA/MA, lulus ujian masuk dan tes kesehatan sesuai standar yang ditetapkan oleh PPMB UNAIR (lebih jelasnya dapat diakses di http://ppmb.unair.ac.id

Daya Tampung SNBP (20%)

Jenis Penilaian:

  • Raport semester 1-5 untuk SMA/MA
  • Raport semester 1-5 untuk SMK/MAK
  • Portofolio akademik

Daya Tampung SNBT (30%)

Jenis Penilaian:

Ujian tulis dan/atau keterampilan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia

Daya Tampung Mandiri (50%)

Jenis Penilaian:

  • Nilai diambil dari SBMPTN, tidak perlu mendaftar lagi di UNAIR
  • Tes Potensi Akademik (tes kemampuan verbal, numerik dan penalaran)
  • Tes Prestasi Akademik (tes kemampuan sesuai program yang dipilih)

b. Persyaratan Khusus

  • Tidak Buta Warna Sebagian atau Total
  • Tidak menerima lulusan SMK selain jurusan kesehatan

c. Kapasitas

240 Mahasiswa

Pin It
Hits 104913